Entri yang Diunggulkan

Ikan Cupang Halfmoon Tercantik yang Mahal dan Langka beserta Gambarnya

Image
Ikan cupang halfmoon adalah jenis ikan cupang yang memiliki ciri sirip ekor yang lebar simetris membentuk bulan setengah (setengah lingkaran), sehingga antara sirip ekor dan sirip lainnya saling menutupi dan terlihat tanpa celah. Membuat ikan cupang jenis ini terlihat sangat cantik dan anggun. Ikan Cupang Halfmoon Tercantik yang Mahal dan Langka Berikut ini jenis ikan cupang halfmoon tercantik yang mahal dan langka beserta gambarnya: 1. Cupang Fancy Halfmoon Rosetail Di urutan pertama ada Jenis Cupang Fancy Halfmoon Rosetail dengan paduan warna putih bintik biru pada bagian badan dan warna putih, biru dan merah pada bagian sirip membuat ikan jenis ini sangat cantik. Cupang ini masih terbilang langka di pasaran indonesia sehingga harga penjualannya di taksir Rp 200.000 - Rp 1 juta per ekornya. 2. Cupang Mustard Gas Halfmoon Rosetail Warna dari jenis cupang ini sangat indah menyerupai warna mustard gas dengan perpaduan hitam, biru dan kuning. Ikan ini sudah c

Mengenal Cupang Alam (Wild Betta) yang Eksotis dan Bernilai Jual Tinggi

Cupang Alam atau biasa di sebut juga Wild Betta merupakan jenis ikan cupang yang masih memiliki gen murni yang berasal dari perkawinan alamiah di alam bebas. Penyebaran ikan cupang paling banyak ada pada wilayah negara thailand, malaysia dan indonesia. Masing masing memiliki karakteristik yang berbeda.
Mengenal Cupang Alam (Wild Betta) yang Eksotis dan Bernilai Jual Tinggi

Karena cupang ini masih murni alam, bentuknya pun berbeda dengan cupang hias kebanyakan yang dijual dipasaran. Cupang alam memiliki warna yang khas dan tidak terlalu mencolok, namun sangat solid. Dengan perpaduan warna hitam lebih banyak.

Jenis Cupang alam / Wild Betta.

Dari gambar di atas bisa kita lihat jenis jenis ikan cupang alam yang berbeda-beda, ada betta splendens, betta smaragdina, betta siamorientalis, betta imbellis, betta mahachaiensi, betta stikos, betta livida, betta persephone, betta tussyae, betta bellica, betta rutilans, betta coccina, betta brownorum.

Betta splendens

Betta splendens

Betta splendens selain sebagai cupang hias,betta splendes merupakan jenis adu terutama jenis yang lama. menurut catatan ikan ini telah dibudidayakan sejak tahun 1970.Ikan ini memiliki daya tahan yang kuat namun tidak ditopang dengan gigi tajam dan sisik yang kuat.

Pada tutup ingsangnya terdapat 2 garis vertikal berwarna merah.sosok cupang ini bisa dibilang kecil dengan warna tubuh cenderung gelap.warnannya perpaduan antara merah tua dan biru tua serta tidak ada totol di tubuhnya.gerakan tubuhnya cendrung agresif dan terlebih dahulu menyerang ketika bertarung.

Betta Smaragdina

Betta Smaragdina

Betta Smaragdina, cupang hijau zamrud, betta biru atau ikan petarung Mekong, bahasa Thai :ปลา กัด เขียว atau ปลา กัด อีสาน adalah spesies ikan cupang asli Thailand dan Laos, di mana mereka ditemukan di cekungan Mekong, sungai Chao Phraya banyak ditemukan disungai mun dan Chi di wilayah Isan, Thailand. 

Spesies ini tumbuh dengan panjang 7 cm (2,8 inci). Mereka mendapatkan warna hijau dan biru karena pembiasan dan gangguan cahaya yang berasal dari kristal heksagonal yang kurang dari 0,3 hingga 0,5 miera. Spesies ini juga ditemukan dalam perdagangan akuarium.

Betta Siamorientalis

Betta Siamorientalis

Menghuni rawa air tawar dangkal, padang rumput, dan sawah. Ditemukan di tepi air (dengan vegetasi lebat) dari kolam, laguna, parit, kanal, dan saluran air lainnya. Terjadi di perairan tenang dan menggunakan tanaman air sebagai tempat berteduh untuk mengatur wilayah yang aman untuk membangun sarang gelembung, pacaran, dan menetaskan benih. 

Keluarga dengan Trichopsis vittata, Trichopsis schalleri, Trichopsis pumila, Trichopodus trichopterus, Anabas testudineus, Lepidocephalichthys hasselti, Pangio anguillaris, Macrognathus siamensis, dan Monopterus albus.

Betta Imbellis

Betta Imbellis

The damai betta atau bulan sabit betta, Betta imbellis, adalah asli Asia Tenggara, di mana itu terjadi secara alami di Thailand Selatan, Malaysia, dan Indonesia, dan telah diperkenalkan ke Singapura. Ini adalah penghuni air tergenang di rawa-rawa, sawah, parit, dan kolam. Spesies ini tumbuh dengan panjang 6 cm (2,4 in). Itu ditemukan dalam perdagangan akuarium.

Betta imbellis memiliki sepasang ruang suprabranchial yang masing-masing menampung organ pernapasan udara yang dikenal sebagai alat labirin: struktur tulang kompleks yang dilapisi dengan epitel pernapasan tipis dan sangat vaskularisasi. 

Alat labirin adalah adaptasi morfo-fisiologis yang memungkinkan B. imbellis mengekstraksi oksigen dari udara. Adaptasi ini memungkinkan ikan ini bertahan dalam kondisi ekstrim.

Betta Mahachaiensis

Betta Mahachaiensis

The Betta mahachaiensis , adalah spesies dari gelembung-bersarang asli pertempuran ikan untuk Thailand, di mana mereka terjadi secara alami di dekat Teluk Thailand. Mereka mendiami air yang tergenang di rawa, kolam, dan telaga. 

Mereka hanya ditemukan di perairan payau, dengan tingkat salinitas antara 1,1 dan 10,6 bagian per seribu. Ini unik di antara ikan cupang. Spesies ini tumbuh dengan panjang 5 - 6 cm. Itu ditemukan dalam perdagangan akuarium.

Betta mahachaiensis ditemukan pada tahun 2012 oleh tim ahli biologi yang dipimpin oleh Dr Chanon Kowasupat. Hal ini ditemukan di Sakhon Provinsi Samut dari Thailand , dan nama adalah derivasi dari nama Thailand untuk kecamatan. Betta splendens jantan dibedakan dengan garis-garis hijau-biru warna-warni dengan latar belakang coklat kehitaman.

Betta mahachaiensis memiliki sepasang ruang suprabranchial yang masing-masing menampung organ pernapasan udara yang dikenal sebagai alat labirin: struktur tulang kompleks yang dilapisi dengan epitel pernapasan tipis dan sangat vaskularisasi. Alat labirin adalah adaptasi morfo-fisiologis yang memungkinkan B. mahachaiensis mengekstraksi oksigen dari udara.

Betta Stiktos

Betta Stiktos

Betta Stiktos adalah salah satu spesies yang termasuk dalam kelompok Betta Splendens . Ini mengambil namanya dari kata benda Yunani stiktos yang berarti 'belang-belang'. 

Betta stiktos dapat didefinisikan dengan deretan bintik hitam di sirip punggung, pita hitam di sirip ekor, dan sisik berbintik hitam di tubuh.

Mereka diklasifikasikan pada tahun 2005 (Betta stiktos Tan & Ng) Saat ini mereka cukup langka, dan umumnya tidak tersedia untuk dibeli. Mereka dapat ditemukan di lembah Sungai Mekong bagian atas Kamboja.

Betta Livida

Betta Livida

Betta livida adalah spesies ikan gurami endemik ke Malaysia , di mana ia hanya dikenal dari negara bagian Selangor . Ini adalah penghuni rawa gambut ; itu tumbuh dengan panjang 3,6 cm (1,4 in).

Betta Persephone

Betta Persephone

Betta Persephone adalah spesies dari ikan gurami endemik ke Malaysia di mana ia hanya dikenal dari Johor. Julukan khusus cupang iniberasal dari dewi Yunani Persefone , ratu Dunia Bawah , referensi untuk warna ikan yang sebagian besar kehitaman.

Betta persefone memiliki distribusi terbatas di Malaysia, dengan jenis lokalitas Ayer Hitam di Johor. Spesies Betta ini mendiami perairan yang lembut dan asam pada suhu 23‒28 ° C (73‒82 ° F). 

Habitat khasnya adalah hutan dengan kanopi tertutup dimana pada lantai hutan gelap dan terdapat vegetasi yang lebat di tepi sungai blackwater dan rawa gambut dimana ikan ini hidup di antara akar pohon yang terendam. Kadang-kadang dapat dipaksa untuk hidup sementara di antara serasah daun basah pada saat kolam gambut mengering.

Betta Tussyae

Betta Tussyae

Betta tussyae adalah spesies dari ikan gurami endemik ke Malaysia di mana ia hanya dikenal dari Pahang. Ini adalah penghuni rawa gambut. Spesies ini tumbuh dengan panjang 3,7 cm (1,5 in) SL. The nama tertentu kehormatan Tussy Nagy, istri dari Austria aquarist Peter Nagy, pada tahun 1979 pasangan ini adalah kolektor ikan pertama yang mengimpor spesies ini ke Eropa.

Betta Bellica

Betta Bellica

Betta bellica yang betta slim atau ramping betta , adalah spesies ikan gurami asli timur Sumatera di Indonesia dan Semenanjung Malaysia. Ini adalah penghuni hutan rawa dan rawa gambut. Spesies ini tumbuh dengan panjang 10 cm (3,9 in). Itu juga dapat ditemukan dalamperdagangan akuarium.

Betta Rutilans

Betta Rutilans

Rutilans Betta adalah spesies dari ikan gurami endemik ke Indonesia . Habitat merekaadalahsungai blackwater danhutan rawa gambut dengan sedikit sinar matahari. mereka nama rutilans adalah Latin untuk "kemerahan", "tumbuh merah", atau "menjadi merah".

Mereka biasanya tumbuh hingga panjang TL 3,5 cm (1,4 in) . Seperti yang tersirat dari namanya, mereka biasanya berwarna merah pekat dengan jantan dari spesies yang diwarnai lebih intens, tetapi beberapa jarang memiliki sisi hijau. 

Jantan memiliki sirip punggung yang lebih runcing dan sirip perut yang lebih panjang. Betina umumnya lebih bulat dan memiliki tabung telur. Mereka akan memakan serangga dan invertebrata kecil.

Betta Coccina

Betta Coccina

Betta coccina adalah spesies gurami asli Semenanjung Malaysia dan Sumatera, Indonesia. Tumbuh dengan panjang 5,6 cm (2,2 inci). Ini dapat ditemukan dalamperdagangan akuarium.

Betta Brownorum

Betta Brownorum

Betta brownorum adalah spesies ikan cupang asli pulau Kalimantan di Indonesia dan Malaysia. Ini adalah penghuni rawa gambut , di mana ia berada di perairan yang sangat dangkal. Spesies ini tumbuh dengan panjang 2,6 cm (1,0 inci).

Comments

Popular posts from this blog

4 Jenis Ikan Cupang Yang Memiliki Nilai Mahal

Ikan Cupang Halfmoon Tercantik yang Mahal dan Langka beserta Gambarnya